Kategori
Article STIE

Seminar Budaya Ilmiah dan Rational Thinking

Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke 21, STIE BISMA LEPISI mengadakan Seminar pada Selasa, 9 Agustus 2022 yang bertemakan “Budaya Ilmiah dan Rational Thinking” dengan menghadirkan pembicara Prof. Dr. Djohansjah Marzoeki, dr., Sp.B., Sp.BP-RE (K)., Guru Besar Bidang Ilmu Kedokteran Bedah Plastik di Universitas Airlangga, dan penulis buku berjudul Budaya Ilmiah dan Filsafat Ilmu.

Kegiatan seminar dibuka dengan pembacaan doa yang dipimpin oleh Puri Swastika Gusti Krisna Dewi, S.E., M.Sc., Ketua Yayasan Widya Anindya, lalu dilanjutkan dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya oleh seluruh hadirin. Kegiatan ini dilanjutkan dengan pemberian kata sambutan oleh Ketua Yayasan Widya Anindya dan Ketua STIE BISMA Lepisi, Suhadarliyah, S.E., S.S., M.M.. Kemudian, dipandu oleh Ronald Tehupuring, S.E., M.Ak. selaku moderator.

Prof. Djo, begitu beliau akrab disapa, dalam paparan materinya, menyampaikan bahwa Budaya Ilmiah merupakan budaya yang ada di lingkungan akademik yang harus dibangun dan diperkuat. Selain itu, Prof. Djo memaparkan bahwa ada 4 jenis cara berpikir, yaitu: Berpikir Rasional, Berpikir Emosional, Berpikir Spiritual, dan yang terakhir namun tak kalah penting adalah Berpikir Common Sense. Berpikir Rasional atau Rational Thinking merupakan cara berpikir yang reasoning.

Pemaparan materi Seminar Budaya Ilmiah dan Rational Thinking dalam rangka HUT STIE BISMA LEPISI oleh Prof. Dr. Djohansjah Marzoeki, dr., Sp.B., Sp.BP-RE (K)

Selain itu, Prof. Djo juga memberikan kesempatan kepada para hadirin untuk bertanya disela-sela penyampaian materi Budaya Ilmiah dan Rational Thinking. Seluruh peserta nampak antusias dengan sesi tanya jawab ini, dan tidak segan atau malu dalam bertanya, bahkan ada pula beberapa dosen yang menyempatkan diri berdiskusi dengan Prof. Djo.

Kegiatan seminar ini ditutup dengan pemberian cenderamata kepada Prof. Djo, dan dilanjutkan dengan sesi foto bersama dengan para hadirin.

Seminar ditutup dengan sesi foto bersama